Etalase Populer

Search

Minggu, 02 Januari 2011

Akemashite Omedetou Gozaimasu



" Akemashite Omedetou Gozaimasu !!", adalah ucapan selamat tahun baru di Jepang. Shogatsu [ tahun baru ] merupakan libur bersama yang paling panjang di Jepang karena berlangsung dari tanggal 1 sampai 3 Januari. Kata " shogatsu " dulu digunakan untuk menyebut nama bulan pertama dalam setahun tapi sekarang hanya untuk menyebutkan 3 hari pertama dalam setahun.

Istilah "shōgatsu" juga digunakan untuk periode matsu no uchi (松の内) atau masa hiasan daun pinus (matsu) boleh dipajang. Di setiap daerah di Jepang, jangka waktu untuk memajang matsu berbeda-beda. Misalnya, di daerah Kanto matsu dipajang dari tanggal 1 sampai 7 Januari tapi di daerah Kansai matsu di pajang sampai tanggal 15 Januari. 


Menjelang tahun baru ada tradisi acara menumbuk mochi (mochitsuki). Ketan yang sudah ditanak dimasukkan ke dalam lesung dan ditumbuk dengan alu. Satu orang bertugas menumbuk, sedangkan seorang lagi bertugas membolak-balik beras ketan dengan tangan yang sudah dibasahi air. Beras ketan ditumbuk hingga lengket dan membentuk gumpalan besar mochi berwarna putih.
Selain dimakan sebagai pengganti nasi selama tahun baru, mochi juga dibuat hiasan tahun baru yang disebut kagami mochi. Secara tradisional, kagami mochi dibuat dengan cara menyusun dua buah mochi berukuran bundar, ditambah sebuah jeruk di atasnya sebagai hiasan.





Menjelang pukul 12 malam, genta yang terdapat di berbagai kuil agama Buddha di Jepang dibunyikan. Tradisi memukul genta menjelang pergantian tahun disebut joya no kane (除夜の鐘). Genta dibunyikan sebanyak 108 kali sebagai perlambang 108 jenis nafsu jahat manusia yang harus dihalau.Hari-hari di awal tahun baru ditandai dengan hatsumōde berupa kunjungan pertama ke kuil agama Shinto dan Buddha. Di depan kuil-kuil besar, selepas pergantian tahun sudah bisa dijumpai kerumunan orang yang menunggu pintu kuil dibuka. Doa yang disampaikan biasanya berupa harapan agar sehat dan selamat sepanjang tahun.






1 komentar:

Unknown mengatakan...

selamat hari guru dalam bahasa jepun apa eh?

Posting Komentar