Etalase Populer

Search

Senin, 20 Desember 2010

Cara pengucapan Kanji

Satu aksara kanji bisa memiliki cara membaca yang berbeda-beda. Selian itu, satu bunyi bisa dilambangkan oleh aksara kanji yang berbeda-beda. Aksara kanji memiliki dua cara baca/ pengucapan, ucapan Cina (on-yomi) dan ucapan Jepang (kun-yomi).

Ucapan Cina (on-yomi)
On-yomi (音読み) atau ucapan Cina adalah cara membaca aksara kanji mengikuti cara membaca orang Cina. Pengucapan karakter kanji menurut bunyi bahasa Cina bergantung kepada zaman ketika karakter tersebut diperkenalkan di Jepang. Sehingga, sebagian besar karakter kanji memiliki lebih dari satu on-yomi. Kanji juga dikenal orang Jepang secara bertahap dan tidak langsung dilakukan pembakuan.



Kun-yomi (訓読み) atau ucapan Jepang adalah cara pengucapan kata asli bahasa Jepang untuk karakter kanji yang artinya sama atau paling mendekati. Kanji tidak diucapkan menurut pengucapan orang Cina, melainkan menurut pengucapan orang Jepang. Bila karakter kanji dipakai untuk menuliskan kata asli bahasa Jepang, okurigana/furigana sering perlu ditulis mengikuti karakter tersebut

Contoh Kanji dan cara pengucapannya :
 
On-yomi (音読み) : chuu 
Kun-yomi (訓読み): naka, uchi, ataru

 
On-yomi (音読み) : kou, ku
Kun-yomi (訓読み): kuchi

0 komentar:

Posting Komentar