Etalase Populer

Search

Minggu, 02 Januari 2011

Tabemashou!!



Pada malam tahun baru disebut ōmisoka (大晦日) orang Jepang mempunyai tradisi memakan soba yang disebut toshikoshi soba (年越しそば, soba melewati tahun). Toshikoshi soba [mie soba / mie yg berwarna abu abu] ini, bertujuan supaya mereka selalu bahagia sepanjang tahun ( seperti panjangnya soba yang mereka makan). 

Selain toshikoshi soba, ada hidangan lain yang disajikan pada tahun baru.
Osechi adalah sebutan untuk masakan istimewa yang dimakan di tahun baru. Sup zōni dari kuah dashi yang berisi mochi dan sayuran merupakan salah satu masakan osechi. Berbagai macam lauk masakan osechi dimasak berhari-hari sebelumnya dan diatur di dalam kotak kayu bersusun yang disebut jūbako (重箱). 

Toko swalayan besar sejak beberapa minggu sebelum tahun baru juga sudah membuka pemesanan osechi. Lauk pada masakan osechi biasanya sangat manis atau asin,seperti: kuromame,tatsukuri (gomame), kombumaki, kamaboko, kurikinton, kazunoko, dan datemaki. Makanan tahun baru diharapkan bisa tahan lama, karena tahun baru merupakan kesempatan libur memasak bagi ibu rumah tangga di Jepang. Penutupan perayaan tahun baru ditandai dengan memakan bubur nanakusa yang dimasak dengan 7 jenis sayuran dan rumput. Bubur ini dimakan tanggal 7 atau 15 Januari agar perut bisa beristirahat setelah dipenuhi makanan tahun baru.

0 komentar:

Posting Komentar