Etalase Populer

Search

Rabu, 15 Desember 2010

Definisi Partikel ( じょし)

Joshi (partikel) adalah jenis kata yang tidak mengalami perubahaan, dan tidak bisa berdiri sendiri. Joshi memiliki fungsi membantu dan menentukan; arti, hubungan, penekanan, pertanyaan, keraguan dan lainnya dalam suatu kalimat bahasa Jepang baik dalam ragam lisan maupun tulisan.


Jenis dan Fungsi Partikel
Berdasarkan jenisnya partikel dalam bahasa Jepang dibagi menjadi empat macam sebagai berikut :


1. Kakujoshi
Partikel yang termasuk dalam kakujoshi pada umumnya dipakai setelah nomina untuk menunjukan hubungan antara nomina tersebut dengan kata lainnya.
2. Setsuzokujoshi
Partikel yang termasuk setsuzokujoshi dipakai setelah kata kerja, kata sifat –i, kata sifat –na atau setelah kata kerja bantu untuk melanjutkan kata-kata yang ada sebelumnya terhadap kata-kata yang ada pada bagian vi berikutnya.


3. Fukujoshi
Partikel yang termasuk dalam fukujoshi dipakai setelah berbagai macam kata. Seperti kelas kata fukushi (kata keterangan), fukujoshi berkaitan erat dengan bagian kata berikutnya.
 
4. Shuujoshi
Partikel yang termasuk shuujoshi pada umumnya dipakai setelah berbagai macam kata pada bagian akhir kalimat untuk menyatakan suatu pertanyaan, larangan, seruan, rasa haru dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar