Etalase Populer

Search

Sabtu, 11 Desember 2010

HURUF (MOJI )

Taw ga, huruf Jepang asalnya dari huruf Cina yaitu Kanji yang di modifikasi oleh orang Jepang sehingga menjadi beberapa huruf dengan fungsi berbeda. Informasi lebih lanjut, cekidot yang di bawah ini ya minnasan!!!
Jadi....Huruf yang dipakai di Jepang antara lain:

  
1. Kanji
Kanji berasal dari China. Karena pada jaman dahulu Jepang belum mempunyai huruf, Jepang mengadopsi huruf Kanji. Pada mulanya jumlah huruf Kanji sekitar puluhan ribu. Jumlahnya yang sangat banyak membuat sulit untuk dihafal. Lama-kelamaan jumlah hurufnya berkurang. Sekarang hanya tinggal kurang dari 10 ribu huruf saja. Kanji terbentuk dari suatu gambar yang di buat dari pengamatan alam. Karena itu, selain mempunyai bunyi, Kanji juga mempunyai arti. Tidak seperti huruf Latin yang hanya mempunyai bunyi saja. Contoh :

Dibaca "me"
Artinya "mata"
(bentuknya seperti mata ga??)


Dibaca "ki"
Artinya "pohon"
(agak mirip pohon ya?)

2. Kana


Bahasa Jepang dan Bahasa China berbeda tapi memakai huruf yang sama. Karena perbedaan itulah terdapat kata-kata dalam bahasa Jepang yang tidak bisa ditulis dalam Kanji. Kemudian orang Jepang membuat huruf baru dengan memodifikasi Kanji. Huruf tersebut dibuat dengan cara meringkas atau menyederhanakan huruf Kanji. Huruf tersebut dinamakan Kana. Karena dibuat dengan cara tersebut, Kana tidak mempunyai arti lagi. Jadi hanya bunyi saja. Kana dibagi menjadi dua, yaitu:

a.Hiragana
Hiragana dibentuk dengan cara menyederhanakan atau meringkas Kanji secara utuh. Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata asli bahasa Jepang yang tidak ada Kanjinya (?? Sebagian kali ya yg g ada kanjinya). Serta untuk menulis cara baca suatu Kanji (yang disebut dengan furigana). Tetapi karena tidak semua orang bisa dan hafal Kanji, kata-kata yang seharusnya ditulis dengan Kanji, boleh ditulis dengan Hiragana.
(Hiragana "ka")
(Kanji yang dibaca "ka") 

b.
Katakana
Katakana dibentuk dengan cara menyederhanakan atau meringkas sebagian dari Kanji. Katakana digunakan untuk menulis unsur-unsur serapan dari bahasa asing.
(Katakana "ka")

3. Rōmaji
Rōmaji disebut juga huruf Romawi atau huruf Latin.


 

0 komentar:

Posting Komentar